PEMANFAATAN SOSIAL NETWORKING DALAM PENDIDIKAN

9 Mar 2012

3a31b9c81b49f6449c946b5cf7821b6e_jejaring-sosial


Internet sebagai media komukasi yang relatif masih baru, sudah merambah pada berbagai kalangan di Indonesia, dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Dampaknya adalah orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu berkomunikasi dengan orang lain dengan menggunakan ruang obrol (chat room) di komputer, dan permainan dunia maya (virtual) memberi dimensi pengalaman dan kepuasan baru bagi penggunanya.

Pemanfaatan internet di dunia pendidikan bukan hal yang baru, kita lihat saja contohnya e-learning, system ini dimanfaatkan para pendidik untuk memberikan materi ataupun tugas pada siswanya dengan cara meng-upload dan download ke system e-learning. Contoh yang lain adalah perpustakaan elektronik (e-library), revolusi teknologi informasi tidak hanya mengubah konsep pendidikan di kelas tetapi juga membuka dunia baru bagi perpustakaan. Perpustakaan yang biasanya merupakan arsip buku-buku dengan dibantu teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi lebih agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Dengan banyaknya perpustakaan tersambung ke internet, sumber ilmu pengetahuan yang biasanya terbatas ada di perpustakaan menjadi tidak terbatas. Dalam perkembangannya internet tidak lagi menjadi hanya sekedar media berkomunikasi semata, namun juga sebagai bagian tak terpisahkan dari dunia bisnis, industri, pendidikan dan pergaulan sosial. Mengenai jejaring pergaulan sosial atau pertemanan melalui dunia internet, atau dikenal dengan social network, pertumbuhannya cukup mencengangkan.

Sebagai contoh, di SMAN 1 Surabaya yang mempunyai kegiatan seperti ekskul yang berhubungan dengan sosial networking dan kemajuan teknologi di jaman modern ini. Siswa-siswi SMAN 1 banyak sekali yang berminat untuk mengikuti ekskul ini. Kegiatan ini disebut dengan SOC (Smasa Online Crew). Trend pemanfaatan social network ini sebenarnya menjadi peluang yang cukup menarik untuk dimanfaatkan dalam dunia pendidikan sebagai salah satu media pembelajaran. Sebuah layanan jaringan sosial adalah layanan online, platform, atau situs yang berfokus pada bangunan dan mencerminkan dari jaringan sosial atau hubungan sosial antara orang-orang, misalnya, minat yang sama. Sebuah layanan jaringan sosial pada dasarnya terdiri dari perwakilan dari setiap pengguna (sering profil), hubungan sosial, dan berbagai layanan tambahan. Kebanyakan layanan jaringan sosial berbasis web dan menyediakan sarana bagi pengguna untuk berinteraksi melalui internet , seperti e-mail dan pesan instan . Meskipun komunitas online jasa kadang-kadang dianggap sebagai sebuah layanan jaringan sosial. Dalam arti yang lebih luas, layanan jaringan sosial biasanya berarti berpusat-pelayanan individual sedangkan komunitas online layanan adalah kelompok-berpusat.

Situs jejaring sosial memungkinkan pengguna untuk berbagi gagasan, kegiatan, acara, dan kepentingan dalam jaringan masing-masing. Jenis utama layanan jaringan sosial adalah mereka yang berisi kategori tempat-tempat (seperti tahun mantan sekolah atau sekelas), sarana untuk terhubung dengan teman-teman (biasanya dengan halaman deskripsi diri) dan sistem rekomendasi terkait dengan kepercayaan.metode populer sekarang menggabungkan banyak dari ini, dengan maksud agar banyak yang menggunakan. Beberapa contoh situs yang melayani jasa social networking antara lain :MySpace danLinkedIn , Nexopia , Bebo , Hyves , Tagged , XING , Badoo, Orkut, Hi5, Friendster , Mixi , Multiply ,Twitter ,Orkut dan Facebook. Perlu disadari bahwa pendidikan selalu berkembang sesuai dengan tuntutan jaman dan kebutuhan manusia itu sendiri. Walaupun belum ada penelitian mengenai efektifitas pemanfaatan social network untuk pembelajaran, khususnya di Indonesia, tren ini merupakan peluang positif yang perlu digali dan dimanfaatakansehingga dapat mengurangi dampak negatifnya. Penyampaian materi-materi pendidikan haruslah bisa dikomunikasikan dengan baik serta menyenangkan, dilain pihak ada media yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pendidikan yang sangat disukai oleh peserta didik, mengapa tidak kita manfaatkan.


TAGS


-

Author

Follow Me